RPP Mengoperasikan alat mesin perontok

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

Mata Pelajaran : Pengoperasian Alat Mesin Penanganan Hasil Pertanian ( PAM PHP)

Kelas / Semester : 11/gasal/genap

Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran

Standar Kompetensi : Mengoperasikan alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher)

Kompetensi Dasar : 1. Mempersiapkan pekerjaan perontokan padi

2. Memasang pisau pemotong

3. Mengoperasikan alat mesin perontok padi

4. Menyelesaikan pekerjaan dan merawat alat mesin perontok padi

Indikator :

1) Prosedur pemeriksaan kondisi dan kelengkapan alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher) dikuasai dengan benar sesuai Buku Petunjuk

2) Kesiapan alat mesin perontok padi diperiksa secara teliti

3) Alat mesin perontok padi dibawa dari garasi ke lahan dengan benar

4) Kondisi padi dikenali dengan baik untuk meningkatkan efisiensi pengoperasian alat mesin

5) Faktor-faktor yang menyebabkan gangguan dan kecelakaan diidentifikasi dan diambil tindakan sesuai prosedur keselamatan kerja

6) Prosedur -pemasangan pisau pemotong dikuasai dengan benar sesuai Buku Petunjuk

7) Alat mesin perontok padi diidentifikasi dan dibedakan berdasarkan spesifikasi teknis dan kapasitas.

8) Karakteristik pisau pemotong diidentifikasi dan dibedakan berdasarkan spesifikasi teknis dan kapasitas

9) Faktor-faktor yang menyebabkan gangguan dan kecelakaan diidentifikasi dan diambil tindakan sesuai prosedur keselamatan kerja

10) Prosedur pengoperasian alat mesin perontok padi dikuasai dengan benar sesuai Buku Petunjuk.

11) Alat mesin perontok padi dioperasikan dengan benar dengan meminimalkan kehilangan waktu kerja

12) Faktor-faktor yang menyebabkan gangguan dan kecelakaan diidentifikasi dan diambil tindakan sesuai prosedur keselamatan kerja

13) Kondisi akhir perontokan padi diperoleh sesuai standar

14) Prosedur perawatan alat mesin perontok padi dikuasai dengan benar sesuai Buku Petunjuk

15) Alat mesin perontok padi diperiksa secara teliti, terutama pada bagian yang bergerak relatif

16) Kerusakan ringan segera diperbaiki agar alat mesin perontok padi berfungsi dengan baik dan layak untuk dioperasikan

17) Mengisi formulir laporan pekerjaan yang telah ditentukan

 

I Tujuan Pembelajaran :

 

1. siswa dapat memahami teori dasar perontok padi full mekanis (motor thresher)

2. siswa dapat menjelaskan macam, jenis dan fungsi alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher)

3. siswa dapat menyebutkan bagian-bagian alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher)

4. siswa dapat menjelaskan prinsip kerja, mekanisme kerja, spesifikasi, gangguan kerja ringan dan cara mengatasinya pada alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher)

5. siswa dapat mengoperasikan alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher)

sesuai prosedur

6. siswa mampu bekerja sesuai dengan keselamatan kerja

 

4. Materi Ajar

PADDY TRESHER

I—Fungsi

Untuk merontokkan padi dari batangnya

 

II—Bagian – bagian Alat

  1. Motor penggerak : Sebagai penggerak paddy tresher
  2. Pully : Sebagai penerus putaran V Belt
  3. Saluran pemasukan batang padi : sebagai tempat memasukan padi saat akan dirontokkan
  4. Tutup silinder : untuk menjangkau sebaran padi supaya tidak semerawut
  5. Silinder perontok : untuk merontokkan padi
  6. Saluran batang padi (kasar): sebagai tempat sisa batang perontok padi yang kasar
  7. Saluran batang padi (halus) : sebagai tempat pembuangan sisa batang padi yang halus
  8. Pully poros (Blower) : sebagai penggerak Blower
  9. V- belt : sebagai menghubungkan puly
  10. Sarangan : untuk menyaring padi agar terpisah dari kotoran (sisa batang )
  11. Pengatur udara : untuk mengatur besar – kecilnya udara yang masuk / menghembuskan di blower
  12. Saluran padi (gabah) : untuk mengeluarkanpadi yang sudah tergiling (dirontokkan)

III—Prinsip kerja

Perontokan gabah dari batang padi pleh pemukulan silinder perontok yang bergigi

IV—Mekanisme kerja

  1. Menyiapkan ala6t dan bahan
  2. Menghidupkan motor
  3. Memasukkanbatang padi kesaluran pemasukan
  4. Menampung gabah yang masih perontokan
  5. Memisahkan gabah yang masih bercampur dengan kotoran
  6. Bila selesai motor di matikan dan alat di bersihkan

V—

Gangguan Kerja

– Motor pengerak mati

– V-belt

– Blower tedak bergerak

VI—

Cara memperbaikkan

– Cek saluran bahan bakar, busi

Jika V-belt sudah parah harus diganti

Cek baut – baut pada blower tersebut

VII—Spesifikasi Alat

PADDY TRESHER

AGRINDO

Type : I P

KW : 8,9

Class : 500

RPM : 500,650

PT. ANGRINDO

BAMBE DRIYOREJO, GRESIK

 

5. Metode Pembelajaran

· ceramah

· tanyajawab

· diskusi

· demonstrasi

· kerja kelompok

· proyek

· tugas

· praktikum

 

6. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal

– ucapan salam

– melakukan presensi siswa

– menyapaikan pokok materi

– pre tes secara lisan

b. Kegiatan Inti

– menerangkan tentang teori dasar perontok padi full mekanis (motor thresher)

– menerangkan macam, jenis dan fungsi alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher)

– menerangkan bagian-bagian alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher)

– menerangkan prinsip kerja, mekanisme kerja, spesifikasi, gangguan kerja ringan dan cara mengatasinya pada alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher)

– menerangkan dan memperagakan cara pengoperasikan alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher)

sesuai prosedur

– menerangkan keselamatan kerja

c. Kegiatan Akhir

– pos tes secara lisan

– pemberian tugas

– ucapan salam

 

7. Alat / Bahan Pembelajaran

Alat Pembelajaran

1. Paddy Tresher

2. kelengkapannya

Bahan Pembelajaran

· teori dasar perontok padi full mekanis (motor thresher)

· Bentuk, Macam dan fungsi

· Prinsip dan mekanisme kerja

· Spesifikasi dan bagian-bagian

· Gangguan dan cara mengatasi

· Keselamatan kerja

· Sifat dan bhp

· Persiapan bhp

· Karakteristik alat mesin

· Langkah kerja

· penyetelan

· Factor-faktor yang mempengaruhi

· Perawatan berkala

· Pengecekan dan penyetelan

· Penyebab kerusakan dan akibatnya

· Teknik perbaikan

· Peraturan keselamatan kerja

 

8. Penilaian :

 

1). Tes Lisan

 

Jelaskan , tunjukkan, Bentuk, Macam, fungsi, Prinsip, mekanisme kerja, Spesifikasi, bagian-bagian, Gangguan, cara mengatasi dan Keselamatan kerja !

 

2). Tes Tulis

 

Sukorambi, 13 Nopember 2010

Kepala Sekolah                                               Guru

Drs. Rinoto, M.Si. Mohammad Sholeh

Nip:                                                      Nip. 131470348

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s