• RPP alat mesin perontok padi

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    ( RPP )

     

     

    Mata Pelajaran : Pengoperasian Alat Mesin Penanganan Hasil Pertanian ( PAM PHP)

    Kelas / Semester : 11/gasal/genap

    Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran

    Standar Kompetensi : Mengoperasikan alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher)

    Kompetensi Dasar : 1. Mempersiapkan pekerjaan perontokan padi

    2. Memasang pisau pemotong

    3. Mengoperasikan alat mesin perontok padi

    4. Menyelesaikan pekerjaan dan merawat alat mesin perontok padi

    Indikator :

    1) Prosedur pemeriksaan kondisi dan kelengkapan alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher) dikuasai dengan benar sesuai Buku Petunjuk

    2) Kesiapan alat mesin perontok padi diperiksa secara teliti

    3) Alat mesin perontok padi dibawa dari garasi ke lahan dengan benar

    4) Kondisi padi dikenali dengan baik untuk meningkatkan efisiensi pengoperasian alat mesin

    5) Faktor-faktor yang menyebabkan gangguan dan kecelakaan diidentifikasi dan diambil tindakan sesuai prosedur keselamatan kerja

    6) Prosedur -pemasangan pisau pemotong dikuasai dengan benar sesuai Buku Petunjuk

    7) Alat mesin perontok padi diidentifikasi dan dibedakan berdasarkan spesifikasi teknis dan kapasitas.

    8) Karakteristik pisau pemotong diidentifikasi dan dibedakan berdasarkan spesifikasi teknis dan kapasitas

    9) Faktor-faktor yang menyebabkan gangguan dan kecelakaan diidentifikasi dan diambil tindakan sesuai prosedur keselamatan kerja

    10) Prosedur pengoperasian alat mesin perontok padi dikuasai dengan benar sesuai Buku Petunjuk.

    11) Alat mesin perontok padi dioperasikan dengan benar dengan meminimalkan kehilangan waktu kerja

    12) Faktor-faktor yang menyebabkan gangguan dan kecelakaan diidentifikasi dan diambil tindakan sesuai prosedur keselamatan kerja

    13) Kondisi akhir perontokan padi diperoleh sesuai standar

    14) Prosedur perawatan alat mesin perontok padi dikuasai dengan benar sesuai Buku Petunjuk

    15) Alat mesin perontok padi diperiksa secara teliti, terutama pada bagian yang bergerak relatif

    16) Kerusakan ringan segera diperbaiki agar alat mesin perontok padi berfungsi dengan baik dan layak untuk dioperasikan

    17) Mengisi formulir laporan pekerjaan yang telah ditentukan

     

    I Tujuan Pembelajaran :

     

    1. siswa dapat memahami teori dasar perontok padi full mekanis (motor thresher)

    2. siswa dapat menjelaskan macam, jenis dan fungsi alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher)

    3. siswa dapat menyebutkan bagian-bagian alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher)

    4. siswa dapat menjelaskan prinsip kerja, mekanisme kerja, spesifikasi, gangguan kerja ringan dan cara mengatasinya pada alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher)

    5. siswa dapat mengoperasikan alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher)

    sesuai prosedur

    6. siswa mampu bekerja sesuai dengan keselamatan kerja

     

    4. Materi Ajar

    PADDY TRESHER

    I—Fungsi

    Untuk merontokkan padi dari batangnya

     

    II—Bagian – bagian Alat

    1. Motor penggerak : Sebagai penggerak paddy tresher
    2. Pully : Sebagai penerus putaran V Belt
    3. Saluran pemasukan batang padi : sebagai tempat memasukan padi saat akan dirontokkan
    4. Tutup silinder : untuk menjangkau sebaran padi supaya tidak semerawut
    5. Silinder perontok : untuk merontokkan padi
    6. Saluran batang padi (kasar): sebagai tempat sisa batang perontok padi yang kasar
    7. Saluran batang padi (halus) : sebagai tempat pembuangan sisa batang padi yang halus
    8. Pully poros (Blower) : sebagai penggerak Blower
    9. V- belt : sebagai menghubungkan puly
    10. Sarangan : untuk menyaring padi agar terpisah dari kotoran (sisa batang )
    11. Pengatur udara : untuk mengatur besar – kecilnya udara yang masuk / menghembuskan di blower
    12. Saluran padi (gabah) : untuk mengeluarkanpadi yang sudah tergiling (dirontokkan)

    III—Prinsip kerja

    Perontokan gabah dari batang padi pleh pemukulan silinder perontok yang bergigi

    IV—Mekanisme kerja

    1. Menyiapkan ala6t dan bahan
    2. Menghidupkan motor
    3. Memasukkanbatang padi kesaluran pemasukan
    4. Menampung gabah yang masih perontokan
    5. Memisahkan gabah yang masih bercampur dengan kotoran
    6. Bila selesai motor di matikan dan alat di bersihkan

    V—

    Gangguan Kerja

    – Motor pengerak mati

    – V-belt

    – Blower tedak bergerak

    VI—

    Cara memperbaikkan

    – Cek saluran bahan bakar, busi

    Jika V-belt sudah parah harus diganti

    Cek baut – baut pada blower tersebut

    VII—Spesifikasi Alat

    PADDY TRESHER

    AGRINDO

    Type : I P

    KW : 8,9

    Class : 500

    RPM : 500,650

    PT. ANGRINDO

    BAMBE DRIYOREJO, GRESIK

     

    5. Metode Pembelajaran

    · ceramah

    · tanyajawab

    · diskusi

    · demonstrasi

    · kerja kelompok

    · proyek

    · tugas

    · praktikum

     

    6. Langkah-langkah Pembelajaran

    a. Kegiatan Awal

    – ucapan salam

    – melakukan presensi siswa

    – menyapaikan pokok materi

    – pre tes secara lisan

    b. Kegiatan Inti

    – menerangkan tentang teori dasar perontok padi full mekanis (motor thresher)

    – menerangkan macam, jenis dan fungsi alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher)

    – menerangkan bagian-bagian alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher)

    – menerangkan prinsip kerja, mekanisme kerja, spesifikasi, gangguan kerja ringan dan cara mengatasinya pada alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher)

    – menerangkan dan memperagakan cara pengoperasikan alat mesin perontok padi full mekanis (motor thresher)

    sesuai prosedur

    – menerangkan keselamatan kerja

    c. Kegiatan Akhir

    – pos tes secara lisan

    – pemberian tugas

    – ucapan salam

     

    7. Alat / Bahan Pembelajaran

    Alat Pembelajaran

    1. Paddy Tresher

    2. kelengkapannya

    Bahan Pembelajaran

    · teori dasar perontok padi full mekanis (motor thresher)

    · Bentuk, Macam dan fungsi

    · Prinsip dan mekanisme kerja

    · Spesifikasi dan bagian-bagian

    · Gangguan dan cara mengatasi

    · Keselamatan kerja

    · Sifat dan bhp

    · Persiapan bhp

    · Karakteristik alat mesin

    · Langkah kerja

    · penyetelan

    · Factor-faktor yang mempengaruhi

    · Perawatan berkala

    · Pengecekan dan penyetelan

    · Penyebab kerusakan dan akibatnya

    · Teknik perbaikan

    · Peraturan keselamatan kerja

     

    8. Penilaian :

     

    1). Tes Lisan

     

    Jelaskan , tunjukkan, Bentuk, Macam, fungsi, Prinsip, mekanisme kerja, Spesifikasi, bagian-bagian, Gangguan, cara mengatasi dan Keselamatan kerja !

     

    2). Tes Tulis

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Sukorambi, 13 Nopember 2010

    Kepala Sekolah                               Guru

    Drs. Rinoto, M.Si. Mohammad Sholeh

    Nip:                                         Nip. 131470348

  • RPP alat mesin sortasi

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    ( RPP )

     

     

    Mata Pelajaran : Pengoperasian Alat Mesin Penanganan Hasil Pertanian ( PAM PHP)

    Kelas / Semester : 11/gasal/genap

    Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran

    Standar Kompetensi : Mengoperasikan alat mesin sortasi gabah dan beras pecah kulit (paddy separator)

    Kompetensi Dasar : 1. Mempersiapkan pekerjaan sortasi

    2. Memasang ayakan

    3. Mengoperasikan alat mesin sortasi

    4. Menyelesaikan pekerjaan dan merawat alat mesin sortasi

    Indikator :

    1) Prosedur pemeriksaan kondisi dan kelengkapan alat mesin sortasi gabah dan beras pecah kulit (paddy separator) dikuasai dengan benar sesuai Buku Petunjuk

    2) Kesiapan alat mesin sortasi gabah dan beras pecah kulit diperiksa secara teliti

    3) Kondisi gabah dan beras pecah kulit dikenali dengan baik untuk meningkatkan efisiensi pengoperasian alat mesin

    4) Faktor-faktor yang menyebabkan gangguan dan kecelakaan diidentifikasi dan diambil tindakan sesuai prosedur keselamatan kerja

    5) Prosedur pemasangan ayakan dikuasai dengan benar sesuai Buku Petunjuk

    6) Alat mesin sortasi gabah dan beras pecah kulit diidentifikasi dan dibedakan berdasarkan spesifikasi teknis dan kapasitas.

    7) Karakteristik alat mesin sortasi gabah dan beras pecah kulit diidentifikasi dan dibedakan berdasarkan spesifikasi teknis dan kapasitas

    8) Faktor-faktor yang menyebabkan gangguan dan kecelakaan diidentifikasi dan diambil tindakan sesuai prosedur keselamatan kerja

    9) Prosedur pengoperasian alat mesin sortasi gabah dan beras pecah kulit dikuasai dengan benar sesuai Buku Petunjuk.

    10) Alat mesin sortasi gabah dan beras pecah kulit dioperasikan dengan benar dengan meminimalkan kehilangan waktu kerja

    11) Faktor-faktor yang menyebabkan gangguan dan kecelakaan diidentifikasi dan diambil tindakan sesuai prosedur keselamatan kerja

    12) Kondisi akhir sortasi diperoleh sesuai standar

    13) Prosedur perawatan alat mesin sortasi gabah dan beras pecah kulit udara dikuasai dengan benar sesuai Buku Petunjuk

    14) Alat mesin sortasi gabah dan beras pecah kulit diperiksa secara teliti, terutama pada bagian yang bergerak relatif

    15) Kerusakan ringan segera diperbaiki agar alat mesin sortasi gabah dan beras pecah kulit berfungsi dengan baik dan layak untuk dioperasikan

    16) Mengisi formulir laporan pekerjaan yang telah ditentukan

     

     

    I Tujuan Pembelajaran :

     

    1) siswa dapat memahami teori dasar sortasi gabah dan beras pecah kulit (paddy separator)

    2) siswa dapat menjelaskan macam, jenis dan fungsi alat mesin sortasi gabah dan beras pecah kulit (paddy separator)

    3) siswa dapat menyebutkan bagian-bagian alat mesin sortasi gabah dan beras pecah kulit (paddy separator)

    4) siswa dapat menjelaskan prinsip kerja, mekanisme kerja, spesifikasi, gangguan kerja ringan dan cara mengatasinya pada alat mesin sortasi gabah dan beras pecah kulit (paddy separator)

    5) siswa dapat mengoperasikan alat mesin sortasi gabah dan beras pecah kulit (paddy separator) sesuai prosedur

    6) siswa mampu bekerja sesuai dengan keselamatan kerja

     

    II Materi Ajar

     

    PADDY SEPARATOR

    I. Fungsi » untuk memisah / mensortasi antara beras utuh, beras

    Patah / pecah, dan beras menir (hancur)

    » Utuk memisahkan antara gabah dan beras.

    II. Bagian – bagian Alat / mesin

    1. Hopper : menampung bahan yang akan di pisakkan

    2. saluran pemasukan bahan dari hopper ke nampan pemisah

    3. Nampan (ada 5 buah ) : untuk memisahkan bahan

    4. Pengatur pengeluaran hasil (ada 2) : Untuk mengatur pengeluaran

    hasil

    5. Tangkai pembuka : untuk membuka saluran pengeluaran

    saluran pengeluaran ada 3 :

    Saluran 1: saluran pengeluaran beras utuh

    Saluran 2: beras patah / pecah

    Saluran 3: menir / broken

    6. Tangkai pengatur kemiringan nampan pemisah : untuk mengatur

    Ktinggian dan kemiringan

    7. Motor listrik : sebagai sumber tenaga penggerak

    8. Poros engkol / eksentrik : merubah gerak putar menjadi gerak naik,

    turun dan maju mundur

    III. Prinsip kerja

    Pemisakan bahan berdasarkan gerakan alat naik turun, maju mundur yang sangat cepat (gerak arah alat) yang dipengaruhi oleh kecepatan putaran kemiringan nampan, berat jenis bahan, daya lenting bahan dan lekukan nampan.

    IV. Mekanisme kerja

    1» Menyiapkan alat dan bahan

    2» Mengatur kemiringan nampan

    3» Memasukan bahan ke hopper

    4» Menghidupkan motor penggerak

    5» Mengatur saluran pengeluaran

    6» Menampan bahan pada masing- masing saluran pengeluaran

    7» Matikan motor penggerak dan bersikan alatnya

    Gangguan Kerja

    Cara mengatasi

     

     

     

     

     

     

     

     

    VI. Spesifikasi alat

    SATAKE

    PADDY SEPARATOR

    TYPE: R,PS Class: 10A

    KW : 0,4 RPM: 200

    No: 171201344

    SATAKE ENGEENERING co. LTD

    HEAD OFFICE: Ueno Taito – ku Tokyo

    HEAD FACTORY: HIGASHIHIROSHIMA – SHI

    MADE IN JAPAN

    VII. Keselamatan kerja :

    VIII. Data lain :

     

    III Metode Pembelajaran

    · <!–

  • fotoku-21

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s